Jika anda bermaksud untuk membangun atau merenovasi rumah, tapi anda tidak tahu bagaimana cara memulainya , maka sebaiknya anda menggunakan jasa kontraktor interior rumah agar biaya untuk merenovasi atau membangun rumah tersebut tidak membengkak.

Namun anda pun harus pintar dalam memilih kontraktor interior rumah yang tepat, pada dasarnya kontraktor interior rumah yang tepat adalah yang bisa menerjemahkan keinginan anda dengan benar dan anda akan merasa klop dengan nya. Selain itu anda juga harus melihat pengalaman kontraktor tersebut dalam menangani projek-projek sebelumnya.

Jasa kontraktor interior rumah juga biasanya meliputi dengan jasa design and build. Lalu bagaimana perhitungannya? Tentu setiap kantor arsitek memiliki cara menghitung jasa yang berbeda. Ada yang menghitung berdasarkan meter persegi, jam kerja, hingga persentase. Bila di dasarkan atas persentase, kisaran biaya arsitek (jasa penuh) berkisar 3 hingga 10 persen dari total Rancangan Aggaran Biaya (RAB).

Semakin besar bangunan Anda tentu semakin kecil nilai persentasenya. Bahkan untuk desain bangunan besar seperti mall atau perkantoran, desain fee sering kali kurang dari 1%. Nah, Anda tentu dapat menghitung maksimal biaya yang dikeluarkan dengan patokan rata-rata pembangunan rumah kualitas standard sekitar Rp 2.5 juta per meter perseginya.

Jika pilihan anda tepat dan nyaman menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia kontraktor maka hasilnya akan sangat memuaskan anda, untuk itu cermatlah dalam menjatuhkan pilihan, jangan sampai anda merasa kurang puas ketika semuanya telah selesai, membangun sebuah rumah idaman tidak semudah membalikan telapak tangan, harus mempunyai perencanaan yang matang agar mendapatkan hasil sempurna.