Kantor merupakan tempat kedua bagi anda untuk bekerja dan menghabiskan waktu selain dirumah, sebab itulah sebagian orang berusaha menciptakan suasana kantor seperti suasana rumah. Karena dengan membuat desain ruangan kantor yang nyaman kepada para karyawan tentunya akan membuat mereka lebih semangat dalam bekerja.

Berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang dapat anda ikuti dalam mendesain ruangan kantor agar terlihat menarik dan nyaman, antara lain yaitu :

  • Pemilihan Warna. Memilih warna cat untuk dinding. Pilih dan gunakan warna cat yang bisa menyatu dan kohesif dengan lantai. Pertimbangkanlah untuk menggunakan warna-warna yang netral sebagai warna utama. Warna netral akan memberikan kesan ruangan kantor yang luas, ingat bahwa kantor anda adalah area dengan space yang sempit, sehingga anda sebaiknya menggunakan warna-warna yang terang agar kesan luas bisa didapatkan. Setalah memilih warna utama, selanjutnya anda bisa menggunakan 1 warna bright sebagai aksen. Warna terang sebagai aksen akan memberikan daya tarik, sehingga ruangan tidak terkesan polos dan monoton. Pilihlah cat yang berkualitas tinggi, siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti paint shield, molding dan masker. Siapakan cetakan atau sticker, jika ada bagian yang akan dicat dengan warna lain, maka anda sebaiknya menutup bagian tersebut terlebih dahulu.
  • Ruang Penyimpanan. Mentukan kebutuhan akan ruang penyimpanan. Apakah kantor anda memiliki cukup ruang penyimpanan untuk mengakomodasi barang-barang, file, alat tulis/stationary, dsb. Jika memang ruang atau tempat penyimpanan barang tidak ada atau kurang, maka anda membutuhkan lemari atau cabinet yang multifungsi. Rak atau cabinet sebaiknya tidak memakan tempat, anda bisa memesan cabinet atau rak yang menyatu dengan meja kerja. Bayangkan meja kerja multifungsi dimana ada cabinet atau rak penyimpanannya akan membantu mengurangi keruwetan ruang kerja anda. Desain meja dan cabinet multifungsi harus mampu menampung semua kebutuhan kerja anda, file, buku, nota, pena dan alat tulis lainnya.
  • Dinding Dekoratif. Menggunakan dinding dekoratif. Seni dinding dekoratif adalah sesuatu hal yang sebaiknya anda pertimbangkan. Anda bisa memilih dinding dekoratif yang sesuai dengan selera anda dan budaya perusahaan. Seni dinding dekoratif adalah karya yang sebenarnya simpel tapi juga berselera tinggi. Pilih beberapa bilah dinding dekoratif, sesuaikan dengan ukuran ruangan kantor anda. Jika didalam ruangan kantor terdapat jendela, anda bisa meletakkan kaca atau cermin berlawanan arah dengan jendela. Hal ini untuk memberikan kesan luas karena ilusi dari 2 buah jendela dan lebih banyak cahaya. Personalisasikan 1 bidang dengan foto-foto karyawan dikantor anda, tambahkan dengan kata-kata mutiara atau kata quotes yang memotivasi. Ganti foto-foto dan kata-kata motivasi secara berkala untuk menjaga ruangan kantor ada tetap fresh dan up-to-date.
  • Window Treatment. Menggunakan window treatment. Jika anda menggunakan tirai atau semacamnya, usahakan tidak menutupi jendelanya. Penggunaan gorden dari kain atau fabric biasanya membuat area jendela terlihat sesak dan berantakan. Gunakan vertical atau horizontal blind, selain sebagai elemen dekoratif juga berfungsi mengatur banyaknya source cahaya dari luar ruangan melalui jendela. Kapan membuka sebagian, penuh atau bahkan menutupnya anda sesuaikan dengan kondisi dikantor anda.

Demikian beberapa tips desain ruangan kantor semoga bisa bermanfaat untuk anda terapkan agar anda bisa memiliki ruangan kantor yang nyaman dan tidak menarik.